Visitor Dunia ILmu Komputer




Tuesday 6 January 2015

Cara Agar Artikel Terindeks Google Secara Mutlak

Halo juragan... Agar semua artikel postingan di blog kita bisa terindeks secara keseluruhan dengan sempurna oleh mesin pencari atau search engine, maka optimasi SEO (search engine optimization) yang terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh mesin pencari itu sendiri.

Jadi sebelum kita menerapkan teknik seo model apapun, misal seo onpage dan seo offpage, maka sebelumnya kita harus menerapkan teknik seo dasar yang disediakan oleh mesin pencari atau mesin telusur. Tujuannya adalah agar mesin pencari tahu bahwa anda mempunyai blog atau website :) . Sehingga mesin pencari akan mudah menampilkan artikel postingan blog kita di halaman pertama hasil pencarian atau penelusuran.

Namun jika anda keburu menerapkan teknik seo yang lain tanpa memberitahukan terlebih dahulu ke mesin pencari, maka hasil penelusuran tidak akan sempurna karena mesin telusur pernah tidak diberitahu kalau anda punya blog. Sehingga artikel postingan anda tetap akan jauh dari halaman pertama. Mengapa? Karena blog anda tidak mau berkenalan dengan mesin telusur. Tak kenal maka tak sayang. Begitu katanya buku peribahasa :)

Nah, mesin telusur yang sering digunakan pengguna interne Yaitu google. Agar sayang dengan blog kita, maka blog kita harus dimasukkan sebagai keluarga mereka.

Caranya adalah dengan membuat akun Google Webmaster Tools. Dengan demikian makamesin pencari tersebut akan terus menerus memangku blog kita selama 24 jam. Hal ini akan membuat blog anda mudah tampil di halaman pertama hasil pencarian atau hasil penelusuran karena blog anda telah menjalin hubungan cinta dengan mesin pencari :) .

1. Cara Agar Artikel Terindeks Google

Anda jangan meremehkan kekuatan google webmaster tools. Jika anda ingin melihat buktinya silakan check dibawah ini, bagaimana google webmaster tools bekerja untuk mengindeks blog kita secara utuh.

Demo: 

Juragan Cipir Indexed By Google

* Nah, untuk membuat akun google webmaster tools, silakan kunjungi dan signup untuk membuat akun disini; Google Webmaster Tools.

Jika anda bukan pengguna blogger maka anda harus memiliki akun google yang nantinya anda gunakan untuk signup. Jika tidak punya akun google anda bisa membuatnya dengan cara dibawah ini;

Cara Membuat Akun Google dan Manfaat Memiliki Semua Produk Google



Note:

(!) Jika anda adalah pengguna blogger, maka anda secara otomatis akan memiliki akun webmaster tools tanpa signup dan tanpa menyematkan kode verifikasi di HTML template. Anda cukup login saja dengan menggunakan akun google anda.

(!) Jika anda pengguna non-blogger, anda akan diberi cuplikan kode verifikasi untuk anda sematkan di HTML template.

* Setelah akun google webmaster tools jadi, bukalah blog anda yang tampak di akun google webmaster tools, lalu carilah fitur "Sitemap" atau "Peta Situs". Kemudian submitkan url RSS Feeds anda disana.

Untuk Blogger
http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/

Untuk Wordpress
http://yoursite.com/feed/

Selain itu anda juga boleh mensubmit url sitemap lainnya, misal sitemap.xml dan lain-lain

0 komentar:

Post a Comment