Pada
pembahasan sebelumnya, saya telah mentutorialkan bagiaman Caranya Membuat Meja Pada Aplikasi Blender,
dalam pembahasan kali ini saya mencoba untuk mentutorialkan Bagaimana Caranya Membuat Gelas Bergagang (Mug)
Menggunakan Aplikasi Blender. Oke deh langsung saja ya disimak… :
1.
pastinya sobat telah menginstal
dan membuka Aplikasi Blender-nya. Disini saya menggunakan Blender versi 2.67b.
Untuk cara Instal-nya klik Disini
2.
Kita buat lembar kerja baru dengan
menekan tombol ctrl+n pada keyboard.
Lalu seleksi (klik kanan Mouse) pada
object Cube – tekan tombol x (pada
keyboard) – face select – enter
untuk menghapus.
3.
Lalu kita buat cylinder pada
lembar kerja yang kosong tersebut dengan cara menekan tombol pada keyboard shift+a – Mesh – Cylinder.
Maka
akan menampilkan gambar seperti dibawah. Jangan lupa untuk merubah “vertices” menjadi 17. Lihat pada gambar yang di kotakkan. Maksudnya adalah membuat
lekukan pada cylinder hanya menjadi 17 lekukan.
Bisa
kita sesuaikan cylinder tersebut dengan menekan tombol “s” pada keyboard . (lalu
tahan scroll pada mouse dan arahkan). Atau bisa juga s+y, s+x, atau s+z .
4.
Setelah itu, hapus pada bagian
atas cylinder untuk menghasilkan lubang. Dengan cara :
tekan
“Tab” (untuk masuk ke edit mode)
agar semua bagian menjadi kuning lalu klik face
select seperti tanda ini :
Ketik
huruf “a” pada keyboard untuk
men-unselect semua yang berwarna kuning pada object tersebut. Lalu pada bagian
atas gelas klik kanan pada mouse, lalu tekan “x” pada keyboard dan klik
faces.
Maka
bagian atas cylinder akan berlubang seperti gambar dibawah :
5.
Lalu kita buat tebal bagian dalam
cylinder tersebut. Dengan cara klik object
modifier (berada sebelah kanan atas
“bergambar kunci inggris”) – add modifier – solidify. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah :
6. setelah
itu kita beri ketebalan pada pinggir gelasnya, dengan cara pada “Add Modifier” – Apply – Thickness of the
shell, ubah menjadi 0,2000 . lebih jelasnya lihat gambar dibawah :
Lalu
tekan 1 pada numpad keyboard lalu tekan 5, untuk menghilangkan perspektifnya
hingga menjadi seperti :
7.
Lalu tekan ctrl+r hingga membentuk
garis ungu, untuk membuat handle gelasnya agar lebih mudah. Dan scroll garis
ungu hingga menjadi beberapa bagian. Setelah selesai klik kiri mouse 2 kali pada
bagian tersebut.
Setelah
selesai, ketik “a” pada keyboard untuk men-unselect yang berwarna kuning tersebut/yang
baru kita buat garisnya agar tidak ter-select semua, lalu klik face select maka akan menampilkan
gambar dibawah :
8.
pilih bagian agar terseleksi untuk
mulai membuat gagangnya, dengan cara tekan Shift+klik
kanan mouse.
Setelah
itu ketik angka 1 atau 3 pada numpad keyboard agar lebih mudah dilihat dari
samping. Lalu ketik “e” untuk menarik yang telah di select tadi. Maka akan
terlihat gambar seperti dibawah :
9.
Lalu kita select pada bagian ujung
gagang yang atas, klik kanan mouse lalu tekan r x 45 pada keyboard, untuk membuat handle tersebut terlihat tampak
miring. Dan untuk gagang yang bawah, klik kanan mouse ketik r
x -45 untuk gagang yang bawah. Maka jika sudah jadi akan menampilkan gambar
:
10.
setelah itu kita hapus kedua ujung
gagang yang baru kita miringkan, kita seleksi dahulu ujung gagang yang kita
ingin hapus dengan cara, tekan Shift (keyboard) + klik kanan mouse – lalu tekan
“x” pada keyboard dan pilih “faces”. Seperti langkah dibawah :
Maka
akan terhapus kedua ujung yang telah di miringkan tadi. :
Catatan : Jika pada gagang yang tadi
kita hapus tidak berlubang, maka klik tanda silang(x) pada “add modifier” –nya
(pada layar sebelah kanan). lebih jelasnya lihat gambar dibawah :
Maka
akan terhapus dengan sendirinya :
Biarkan
cara diatas tetap begitu hingga langkah 11 dibawah selesai terlebih dahulu.
11.
setelah itu kita sambungkan/satukan
bagian-bagian samping ujung gagangnya (edge select). Dengan cara masuk ke “Edge Select” (ctrl+tab – edge select) lalu
tekan dan tahan Shift (pada keyboard) – klik kanan mouse. Hingga seperti gambar
:
12. jangan
lupa kembalikan ke “Object Mode”
dengan tekan tombol “Tab” pada
keyboard – lalu cari dan klik “smooth”
pada layar sebelah kiri (Object tools). Maka gambar yang dihasilkan akan
seperti :
13.
setelah itu kita perhalus bagian
pada gelasnya dengan cara klik pada “Add
Modifier” – lalu pilih Subdivision
Surface.
Untuk
memperhalusnya sesuai keinginan, atur View dan Render yang ada di bawah kanan layar. atur sesuai keinginan sobat.
NB : semakin tinggi View dan Render-nya, maka proses rendering akan semakin berat dan memakan
waktu lama. Bisa terjadi Not Responding/ngehang di karnakan memory RAM yang
tidak mencukupi. Cukup beri masing masing 3 saja.
14.
tekan “Alt” pada keyboard untuk
memperapih gagang, dan geser sesuai keinginan.
Maka
akan menghasilkan gambar seperti ini :
15. Sobat
juga bisa memberi warna pada gelas tersebut menggunakan World dan Materials
Untuk mengatur materials, klik Materials - New - dan klik pada Diffuse, Atur
sesuai selera, saya ilustrasikan seperti gambar dibawah :
dan pada World, Klik World - New - Centang pada World ketiganya.
Dan jangan lupa atur Pencahayaan dan Kameranya agar menjadi lebih cantik.
Dan jangan lupa atur Pencahayaan dan Kameranya agar menjadi lebih cantik.
NB : Dan cara merubah sudut pandang kameranya dengan cara
tekan Numpad 0 – pada garis garis putus klik kanan (maka akan berubah menjadi
warna kuning) – dan tekan shift+f (pada keyboard)
16.
Berikut adalah gambar setelah di
render, dengan menekan toblol “F12”
pada keyboard.
Setelah
render selesai, alangkah baiknya kita save project kita. Dengan ctrl+s.
Sekiranya
itu saja, Cara
Membuat Gelas Bergagang (Mug) Menggunakan Aplikasi Blender 3D. tunggu
pembahasan saya selanjutnya masih mengenai Blender 3D ya… untuk tutorial lengkapnya dan aplikasi Blendernya bisa sobat download
di kategori SOfware,
Semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^
0 komentar:
Post a Comment